MqRaLGN7MGN4LWF6LWN5NqB9M7csynIkynwbzD1c

Mengetahui Lebih Dalam Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Sebuah video tidak ada artinya jika tanpa penonton, pertahankan penonton Anda s…

BLANTERLANDINGv101
6239365398578382647

Mengetahui Lebih Dalam Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Kamis, 25 Juni 2020
jasaintrovideo.com - Jika Anda adalah seorang Youtuber atau editing video, tentu sudah tidak asing dengan kegunaan video intro, bumper, dan opening. Meskipun demikian, agar menambah ilmu terkait video tidak ada salahnya menyimak pembahasan berikut ini. Mengingat pembuka dalam video memiliki fungsi yang sangat vital.

Mengetahui Lebih Dalam Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Secara umum, kegunaan video intro, bumper, dan opening terkesan sama. Padahal ada perbedaan yang signifikan antara ketiganya. Perbedaan tersebut dapat terlihat secara implisit, sehingga sulit dibedakan. Apa saja perbedaannya? Simak berikut ini.

Video intro berfungsi sebagai pemberi latar belakang atau efek musik pada video bumper dan opening. Intro itu sendiri berarti bagian yang mengantarkan dan biasanya berisi musik atau lagu. Melalui pengertian ini, Anda dapat menangkap satu hal, bahwa intro berbeda dengan bumper dan opening.

Selanjutnya adalah video bumper. Video ini juga terletak pada awal sebuah video. Fungsinya tetap sama yakni sebagai pembuka. Hanya saja, jika intro lebih spesifik pada musik atau lagu pengantar, maka bumper adalah tulisan pembukanya. Adanya tulisan pembuka mampu membuat penonton mengetahui sedang berada pada channel video siapa.

Terakhir adalah video opening. Seperti arti katanya, opening berarti pembuka. Namun, secara spesifik video opening lebih mengarah pada kreativitas editing pembuka video. Misalnya adanya penambahan efek dan animasi bahkan sampai pada latar belakang gambar yang digunakan. Seberapa besar kegunaan video intro, bumper, dan opening? Simak berikut ini.

Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Seperti yang Anda pahami, video intro, bumper, dan opening berfungsi sebagai pembuka. Tujuannya untuk mengarahkan penonton agar memiliki kesan menarik pada video Anda. Kemudian jika sudah tertarik dan penasaran, maka penonton tersebut akan melanjutkan sampai pada konten bahkan akhir video. Beberapa kegunaannya adalah:

1. Membuat Tampilan Video Lebih Menarik
Perlu Anda ketahui, bahwa kemenarikan video tidak hanya terletak pada konten yang Anda berikan, namun juga pembukanya. Adanya ciri khas dalam pembuka membuat penonton hafal kemudian tertarik untuk melihatnya kembali. Selain itu, adanya pembuka juga memberikan kesan mengalir antara awal sampai akhir video.

2. Ada Kesan Luar Biasa pada Awal Video
Kesan luar biasa perlu Anda berikan mulai awal, bukan hanya pada konten. Layaknya Anda membangun rumah, jika beranda berantakan maka orang akan urung untuk melanjutkan masuk. Video pun demikian, oleh karena itu opening yang menarik sangat penting dalam sebuah video.

3. Mengenalkan Sekilas Konten Video
Fungsi opening tidak hanya sebagai hiasan dan pengenalan nama dan judul, melainkan juga bisa diisi dengan resensi dari konten video yang akan ditampilkan. Adanya tampilan sekilas tentang konten video tentu akan membuat penasaran penonton kemudian melanjutkan menonton. Jangan lupa buatlah kilas yang menarik, misalnya pada klimaks.

4. Menciptakan Sisi Penasaran Penonton
Adanya pembuka yang mengesankan akan membuat sisi penasaran tersendiri pada penonton. Jika sudah demikian, pasti mereka akan bertanya-tanya kelanjutan cerita pada video Anda. Buatlah opening yang akan membawa penonton sampai akhir video, karena secara umum penonton hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk memutuskan melanjutkan atau tidak video yang ditonton.

Tips Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening yang Menarik

Agar video yang dihasilkan lebih menarik, Anda bisa menambahkan video intro, bumper, dan opening. Namun, tidak semua cara bisa membuat penonton terkesan. Oleh karena itu, ikutilah tips berikut agar video yang dihasilkan dapat membuat kesan baik pada penonton.

1. Gunakanlah Program Khusus
Program editing video sangat banyak beredar. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan kapasitas kemampuan yang dimiliki. Meskipun demikian, Anda perlu memperkirakan software mana yang memiliki fitur paling lengkap, sehingga Anda tidak perlu berkali-kali menginstall software.

Agar Anda tidak kebingungan dalam menggunaka program editing video khusus intro, bumper, dan opening, maka carilah tutorial terlebih dahulu. Pada dasarnya melakukan pengeditan ketiganya sangat mudah dan tidak menyita waktu. Anda hanya butuh ketelitian dan kesabaran sehingga hasilnya dapat memuaskan.

2. Berikan Ringkasan yang Menarik
Salah satu isi dari opening adalah perkenalan judul dari video yang Anda buat, namun tidak hanya itu Anda bisa juga menyisipkan video ringkasan. Tujuannya adalah membuat penasaran penonton sehingga akan melanjutkan sampai akhir video. Dalam membuat ringkasan, buatlah secara menarik.

Salah satu contoh ringkasan menarik adalah dengan menampilkan sisi klimaks pada konten video Anda. Hal ini akan merangsang rasa penasaran akan kelanjutan video dari penonton. Jika sudah begitu, maka otomatis penonton akan menyaksikannya sampai klimaks bahkan akhir video.

3. Berikan Korelasi yang Tepat
Jika Anda memiliki lebih dari satu video, maka buatlah korelasi yang tepat sehingga tidak terkesan keluar jalur. Korelasi ini bisa Anda buat dengan cara membuat jalan cerita flashback. Jika sudah demikian, maka penonton akan mengingat kembali cerita sebelumnya dan mulai penasaran dengan kelanjutan dan akhir videonya.

4. Buatlah Intro, Bumper, dan Opening yang Khas
Anda perlu membuat ciri khas pada video Anda meskipun itu hanya terletak pada openingnya. Hal itu, akan membuat penonton menjadi hafal pada video Anda. Kekhasan misalnya pada vlog yang dibawaka oleh Ria Ricis dan deddy Corbuzier. Hal itu mampu menambah jumlah penonton, terlebih jika ciri khas tersebut sangat menarik.

5. Buatlah Intro dengan Lagu yang Menarik
Intro adalah lagu pembuka yang digunakan dalam melengkapi bumper dan opening. Kegunaan video intro, bumper, dan opening salah satunya adalah menarik penonton agar sampai pada konten video. Lagu yang sesuai dan menarik tentu sangat disarankan untuk digunakan dalam intro video yang Anda buat.

6. Tambahkan Animasi Sesuai Kreativitas
Selain lagu, Anda juga bisa menambahkan kreativitas dalam bentuk animasi. Misalnya latar belakang yang menarik dan efek transisi yang menambah nilai estetika video yang ditampilkan. Dalam membuat bahkan mengedit video, kreativitas dangat penting sehingga mampu menarik penonton.

Demikianlah hal-hal berkaitan dengan pembuka dalam sebuah video. Pertahankan penonton video Anda dengan menciptakan ciri khas dan pembuka yang menarik. Sesungguhnya tidak ada artinya sebuah video tanpa penonton. Jika sudah memahami betapa banyak kegunaan video intro, bumper, dan opening, kini saatnya Anda menerapkannya.

Detail Pemesanan

Mengetahui Lebih Dalam Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening
Mengetahui Lebih Dalam Kegunaan Video Intro, Bumper, dan Opening
Jumlah:
Sub-Total :

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang