MqRaLGN7MGN4LWF6LWN5NqB9M7csynIkynwbzD1c

Tips Asyik Cara Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening

Jangan pernah lewatkan cara membuat video intro, bumper, dan opening agar hasil…

BLANTERLANDINGv101
6239365398578382647

Tips Asyik Cara Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening

Jumat, 26 Juni 2020
jasaintrovideo.com - Video adalah bagian penting bagi seorang youtuber, selain membuat konten yang menarik konten ada hal lain yang perlu Anda perhatikan yakni cara membuat video intro, bumper, dan opening. Secara umum, inilah yang menjadi bagian penting bagi penonton sehingga mereka akan memutuskan melanjutkan atau tidak video yang ditonton.

Tips Asyik Cara Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening

Pengenalan

Sebagai youtuber, video yang berkualitas adalah hal yang sangat penting. Video berkualitas tidak hanya dilihat dari isi atau konten yang menarik, namun juga bagaimana seorang youtuber mampu membuat bumper, opening sampai intro yang mengantarkan penonton. Ketiga hal itu adalah bagian penting yang akan membuat penonton menetap atau tidak.

Dalam hal ini, cobalah menengok beberapa youtuber terkenal seperti Ria Ricis, Deddy Corbuzier dan lainnya. Mereka selalu memiliki opening yang baik sehingga penonton akan penasaran seperti apa isi video yang ditampilkan. Bahkan, ada beberapa youtuber yang terinspirasi untuk membuat opening yang hampir mirip.

Pengantar video terdiri dari tiga jenis, yakni bumper, opening dan intro. Secara kasat mata, ketiganya terkesan sama, padahal tidak. Bumper adalah istilah untuk pembuka paling awal berisi judul. Opening berisi efek yang akan diberikan judul sehingga terlihat menarik. Sedangkan intro adalah lagu atau suara untuk mengantarakan bumper dan opening.

Nah, agar Anda bisa lebih memahami ketiganya, alangkah baik jika memperhatika cara membuat video intro, bumper, dan opening berikut ini. simak sampai akhir dan praktekkan pada video yang telah Anda buat. Jadikan video terbaik Anda agar menjadi trending di youtube.

Membuat Video Bumper

Cara membuat video bumper sangat mudah. Salah satunya menggunakan software Adobe Premier yang memang sering digunakan dalam editing video. Bumper adalah animasi pembuka dalam sebuah video yang berisi pengenalan identitas. Adanya bumper mempermudah penonton dalam mengenali situs Anda. Langkah-langkah dalam membuat video bumper adalah sebagai berikut:
  • Jika Anda telah memiliki software Adobe Premier, maka bukalah software tersebut kemudian atur sesuai keinginan.
  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memberi judul. Buatlah judul yang menarik sehingga penonton akan terkesan. Dalam membuat judul Anda perlu klik file Menu – pilih New – pilih tittle.
  • Setelah itu, akan ada kotak dialog yang muncul. Anda perlu mengisinya sesuai judul yang telah Anda buat.
  • Simpan judul Anda dengan klik ctrl+s di keyboard. Lakukan langkah yang sama untuk membuat judul video lainnya.
  • Apabila langkah di atas sudah selesai, sekarang tariklah judul yang telah di buat ke kotak timeline.
  • Jika sudah masuk ke timeline, Anda bisa membuat kreasi pada judul yang telah dibuat. Misalnya dengan menambahkan transisi agar judul tidak terasa hambar dan kosong.
  • Apabila sudah selesai dengan pengerjaan Anda, jangan lupa menyimpannya dengan memilih menu File – simpan.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan hasil yang telah Anda buat dengan merender video melalui menu file – ekspor – movie. Setelah itu, simpan ulang dan lihat hasilnya di windows Anda.

Membuat Video Opening

Opening adalah bagian penting dalam sebuah video. Apalagi jika video Anda akan diunggah ke Youtube. Opening yang baik akan berpengaruh pada keputusan penonton. Jika penonton video youtube Anda banyak, tentu akan semakin dikenal dan bisa jadi berada pada trending youtube. Cara membuat video opening di antaranya:
  • Membuat video opening berarti melakukan pengeditan terhadap video bumper. Dalam hal ini Anda bisa menambahkan efek tampilan dan teks yang diinginkan. Langkah pertama, bukalah aplikasi Adobe Premier seperti Anda membuat video bumper.
  • Setelah itu, bukalah project video bumper yang telah Anda buat dan lakukan pengeditan lanjutan.
  • Video opening bertujuan untuk mempercantik video bumper yang telah Anda buat. Tarik video bumper ke timeline kemudian tambahkan efek sesuai keinginan. Misalnya menambahkan efek transisi cross disolve.
  • Pada video bumper tadi, Anda membuat dua judul. Maka, berikan pula dua efek yang berbeda pada video opening. Tujuannya agar penonton tidak merasa bosan dan lebih menarik perhatian. Caranya dengan beralih pada judul selanjutnya dan berikan efek misalnya transisi cross zoom (atau pilih sesuai keinginan).
  • Adanya dua efek transisi tentu membuat video Anda lebih menarik, namun jika Anda menginginkan latar belakang yang lebih indah, silahkan tambahkan gambar dengan klik file – import – open.
  • Anda bisa menggunakan gambar tersebut pada kedua judul yang ada dengan cara blok keduanya. 
  • Apabila gambar yang digunakan terlalu besar, maka sesuaikan dengn cara klik scale to frame size.
  • Jika sudah selesai, jangan lupa berikan pula efek transisi yang sama dengan judul pada gambar latar belakang.
  • Terakhir, simpan hasil edit opening video Anda dengan cara klik file – save.

Membuat Video Intro

Dalam membuat video, intro adalah bagian penting. Intro yang buruk akan mempengaruhi keputusan penonton untuk melanjutkan menonton atau tidak. Secara umum, intro diartikan sebagai pembuka berupa suara dalam sebuah video. Cara membuatnya cukup mudah, yakni sebagai berikut:
  • Dalam membuat intro video, Anda bisa menggunakan aplikasi paling populer, yakni KineMaster. Langkah pertama, buka aplikasi KineMaster dan buatlah project baru dengan memasukkan video yang akan digunakan sebagai opening ke dalam storyboard.
  • Kemudian, tambahkan musik dengan cara klik ikon musik dan pilihlah musik yang akan Anda gunakan. Tambahkan musik ke storyboard Anda. Dalam hal ini, Anda tidak perlu memotong musik, karena secara otomatis akan menyesuaikan durasi video opening Anda.
  • Setelah Anda selesai memasangkan musik pada video, maka proses terakhir adalah rendering atau ekspor. Anda bisa melakukan proses ini dengan kembali ke bagian awal KineMaster kemudian ekspor videonya. Pilihlah resolusi HD agar hasil lebih maksimal.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menggabungkan intro video ke dalam video youtube yang telah Anda buat dan edit secara berkualitas.
Bagaimana? Masih yakin dengan video tanpa bumper, opening dan intro? Jika tidak, maka segera lakukan pengeditan video Anda sehingga akan semakin menarik. Tidak ada salahnya membuat penonton setia Anda semakin nyaman dengan video-video berkualitas yang Anda buat. Semoga tips asyik cara membuat video intro, bumper, dan opening ini membantu Anda.

Detail Pemesanan

Tips Asyik Cara Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening
Tips Asyik Cara Membuat Video Intro, Bumper, dan Opening
Jumlah:
Sub-Total :

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang