MqRaLGN7MGN4LWF6LWN5NqB9M7csynIkynwbzD1c

Cari Tahu Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening untuk Pemula

BLANTERLANDINGv101
6239365398578382647

Cari Tahu Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening untuk Pemula

Minggu, 06 September 2020
jasaintrovideo.com - Biasanya, youtuber dan editor video pemula kerap dibingungkan mengenai istilah video intro, bumper, dan opening. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas perihal perbedaan video intro, bumper, dan opening di dunia editing video. Mungkin, jika diamati sekilas, ketiganya memang mempunyai persamaan, yakni sama-sama berada di awal video sebagai pembuka.

Cari Tahu Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening untuk Pemula


Akan tetapi, nyatanya ketiganya juga mempunyai perbedaan, khususnya mengenai pengertian dan peranan. Namun, secara keseluruhan, video intro, bumper, dan opening mempunyai kegunaan yang sama, seperti untuk membuat penasaran, memperkenalkan perihal konten video secara ringkas, dan memberi kesan yang baik di awal video untuk mendongkrak viewers dan subscriber di YouTube.

Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening

Lantas, apa yang membuat perbedaan antara video intro, bumper, dan opening? Sebenarnya, perbedaan ketiganya berada pada letak, isi, dan perannya. Berdasarkan letaknya, video intro merupakan video pembuka yang paling awal, kemudian, disusun oleh video bumper dan video opening. Puncaknya ialah inti video yang disusul outro untuk mengakhiri tayangan.

1. Video Intro

Video intro didefinisikan sebagai video pemberi efek musik atau latar belakang pada video bumper dan video opening di channel YouTube. Biasanya, video intro berisi musik atau lagu sebagai pengantar untuk menuju bagian bumper dan opening. Oleh karena itu, memilih lagu yang bebas hak cipta, unik, dan khas merupakan prioritas.

Dalam praktiknya, video intro mampu berperan sebagai identitas suatu channel, sebagai video yang mampu memengaruhi keputusan penonton untuk menonton isi video atau tidak, dan sebagai jalan branding yang populer di masa sekarang. Dengan video intro yang menarik, Anda bisa mendongkrak viewers dan subscriber untuk memberi keuntungan di platform YouTube.

2. Video Bumper

Layaknya video intro, video bumper juga berada di awal video. Keduanya masih mempunyai kegunaan yang sama, yakni sebagai pembuka. Namun, tetap terdapat perbedaan video intro, bumper, dan opening, yang mana video bumper lebih menonjolkan visual tulisan, tidak seperti video intro yang cenderung memprioritaskan musik atau lagu pengantar yang cocok. 

Melalui tulisan yang dipertontonkan, penonton dapat mengetahui mereka sedang menonton channel apa dan milik siapa. Oleh karena itu, memilih visual font, warna, dan efek yang menarik mampu menambah nilai kreativitas sehingga video bumper tampak menarik dan jelas untuk ditonton. Biasanya, video bumper dikembangkan berdasarkan logo channel yang Anda miliki.

3. Video Opening

Perbedaan video intro, bumper, dan opening memang terkesan implisit. Namun, jika dipahami baik-baik, Anda bisa membedakannya secara mudah. Secara sederhana, video opening didefinisikan sebagai video pembuka. Dalam hal ini, video opening lebih mengarah pada berbagai efek, animasi, dan berbagai kreativitas lainnya sebelum penonton menyaksikan inti video secara lebih mendalam.

Sebaiknya memilih animasi yang sesuai dan mendesain latar belakang dengan menarik, seperti memakai efek transisi untuk menambah nilai estetika suatu video. Dengan demikian, Anda harus mempunyai keterampilan untuk mendesain, membuat, dan mengedit video untuk menciptakan sebuah opening yang menarik di mata penonton, baik memakai aplikasi berbayar atau gratis.

Setelah memahami perihal perbedaan antara video intro, bumper, dan opening, sebaiknya  memikirkan ciri khas video, seperti durasi yang ideal.  Pasalnya, hal ini mampu mendatangkan viewers dan subscriber yang menguntungkan. Anda dapat menyewa Jasa profesional untuk menciptakan visual perbedaan video intro, bumper, dan opening.

Detail Pemesanan

Cari Tahu Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening untuk Pemula
Cari Tahu Perbedaan Video Intro, Bumper, dan Opening untuk Pemula
Jumlah:
Sub-Total :

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang