MqRaLGN7MGN4LWF6LWN5NqB9M7csynIkynwbzD1c

UX vs. UI - Apa yang harus Anda Pilih?

BLANTERLANDINGv101
6239365398578382647

UX vs. UI - Apa yang harus Anda Pilih?

2021-09-28
jasaintrovideo.com - Desain situs web bisa menjadi rumit, terutama ketika sulit untuk mengetahui di mana harus fokus. Sebagai seorang desainer, memiliki tujuan konkret untuk dikerjakan sangat penting. Mencapai tujuan ini adalah bagaimana kita mengukur kesuksesan kita.

Tetapi ketika pertanyaan berkisar pada tujuan utama kami untuk halaman atau situs secara keseluruhan, menjawab pertanyaan itu adalah apa yang memungkinkan kami untuk menentukan tujuan kami. Desainer web lama dan baru, baru dan berpengalaman, menghadapi pertanyaan apakah akan fokus terutama pada antarmuka pengguna (UI) atau pengalaman pengguna (UX).

Untuk memahami apa yang patut mendapat perhatian utama kita, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya, serta bagaimana keduanya saling memengaruhi.

Bandingkan UX dan UI dalam Desain Web

UX dan UI memiliki banyak kesamaan. Hal pertama dan terpenting adalah bahwa kedua aspek ini penting untuk desain web yang baik. Dalam istilah yang sangat sederhana, antarmuka pengguna berfokus pada aspek visual desain web dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs.
 
Bandingkan UX dan UI dalam Desain Web


Elemen dari antarmuka pengguna adalah sebagai berikut:
  • Menu
  • Navigation
  • Clickable links
  • Scroll bars
  • Check boxes
  • Lead generating forms
  • Breadcrumbs
  • Buttons
  • Image carousels and sliders
  • Filters
  • Search bars
  • Comment boxes
  • Loaders
  • Modals
  • Notifications
Ada banyak lagi, tetapi ini adalah beberapa elemen umum yang membentuk antarmuka pengguna. Di sisi lain, pengalaman pengguna adalah pendekatan yang lebih holistik untuk desain web dan bergantung pada lapisan yang berbeda untuk mempromosikan pengalaman keseluruhan yang baik. Beberapa hal yang masuk ke UX yang baik meliputi:
  • Daya tarik estetika situs secara keseluruhan dan elemen individu.
  • Pilihan font, warna dan grafik
  • Ukuran, jarak, dan penggunaan ruang negatif dalam desain.
  • Seberapa mudah situs untuk digunakan dan seberapa bagus juga?
  • Kemudahan menemukan informasi yang diperlukan / menyelesaikan tindakan yang diperlukan
Secara umum, pengalaman pengguna yang hebat lebih memperhatikan reaksi berbasis emosi. Penulis Steve Krug mencantumkan elemen pengalaman pengguna yang baik sebagai:


UX vs. UI - Apa yang harus Anda Pilih?


Baik bentuk maupun fungsi memerlukan pertimbangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Dengan keinginan dan kesenangan terdaftar sebagai komponen penting bersama dengan utilitas dan efisiensi, jelas bahwa UX membutuhkan daya tarik dan penanganan estetika. Dan antarmuka pengguna yang jelek atau tidak sedap dipandang tidak semenarik untuk berinteraksi dengan antarmuka yang menarik secara visual.

Oleh karena itu, opsi visual seperti font, grafik, dan warna dipengaruhi oleh UX dan UI. Faktanya, pilihan yang kita buat secara visual, terutama dalam hal warna, dapat berdampak besar pada perasaan pemirsa baik di UX maupun UI, dan pengaruh itu. Warna merek pada emosi dapat mengubah pengalaman UX / UI negatif menjadi pengalaman positif.

UX vs. UI

Dengan membandingkan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna dengan cara ini, menjadi jelas bahwa ini bukan hanya tentang aspek individual desain web yang termasuk dalam disiplin mana. Tentu ada beberapa yang tumpang tindih, tetapi ada juga perbedaan fokus.

Dan karena fokuslah yang membantu kami menentukan tujuan desain kami untuk setiap proyek yang kami lakukan, ada baiknya untuk memahami tujuan UI dan UX.

Tujuan dari antarmuka pengguna yang baik

Seperti disebutkan, antarmuka pengguna berhubungan dengan koneksi yang dibuat dengan pengunjung situs web dan memungkinkan pertukaran antara situs dan pemirsa. Pada dasarnya tujuan utama dari antarmuka pengguna yang baik adalah untuk mempromosikan interaktivitas dan kegunaan.

Keahlian desainer yang terutama berfokus pada antarmuka pengguna akan fokus pada bidang-bidang seperti desain informasi, desain gerak, dan integrasi merek. Desainer UI juga akan memahami bagaimana pekerjaan mereka berhubungan dengan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Tujuan dari pengalaman pengguna yang baik

Tujuan dari desain pengalaman pengguna yang baik mencakup jangkauan yang jauh lebih luas, dengan lebih banyak detail dan keterangan daripada antarmuka pengguna. Menggabungkan kegunaan dan keinginan, daya tarik dan fungsi estetika, dan memudahkan pengguna baru sekaligus menciptakan daya tarik untuk pengguna lama, Anda membangun UX yang hebat dengan berfokus pada apa yang meningkatkan pengalaman dan menciptakan nilai bagi pengguna. 'Pengguna.

UX vs. UI


Pada dasarnya, pengalaman pengguna yang baik ditentukan oleh apakah pengguna memiliki pengalaman yang baik; singkatnya, pengalaman pengguna dinamai secara akurat!

Jelaskan perbedaannya

Tumpang tindih antara UX dan UI seharusnya sudah jelas sekarang. Tetapi masih sulit untuk menjelaskan dengan tepat apa perbedaan antara keduanya.

Mungkin karena, setidaknya untuk beberapa desainer, itu bukan perbandingan tetapi kontras.

Misalnya, Craig Morrision, Associate Creative Director di Truvani, mengatakan: 
"Tidak ada perbedaan antara desain UX dan UI karena keduanya adalah dua hal yang tidak dapat dibandingkan satu sama lain ... pengalaman. Pengguna terdiri dari banyak hal. komponen yang berbeda, karena desain antarmuka pengguna hanya salah satunya, yang bila digabungkan membentuk pengalaman pengguna ".

Pada akhirnya, antarmuka pengguna adalah komponen UX dan dapat sangat memengaruhi tujuan yang lebih besar.

UX vs. UI


Bagaimana UI Mempengaruhi UX

Sama pentingnya dengan memahami tujuan masing-masing elemen desain web individual ini, sama pentingnya untuk memahami bagaimana mereka saling memengaruhi.

Dimungkinkan untuk memiliki pengalaman pengguna yang baik tanpa antarmuka pengguna yang baik, tetapi sulit, karena antarmuka pengguna yang buruk sering menyebabkan pengalaman pengguna yang mengecewakan dan membuat frustrasi.

Di sisi lain, juga dimungkinkan untuk memiliki desain UI yang luar biasa dan masih memiliki pengalaman pengguna yang buruk secara keseluruhan karena aspek lain dari desain web telah gagal.

Jadi sekarang kita telah memperjelas persamaan dan perbedaannya, bagaimana dengan pertanyaan utamanya: yang mana yang harus menjadi fokus seorang desainer?

Kurangi fokus pada desain

Ada argumen untuk fakta bahwa antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna memerlukan keahlian yang berbeda, bahkan jika mereka tumpang tindih. Tetapi selain itu, jika Anda seorang desainer web yang bertanggung jawab atas semua aspek desain, penting untuk mengetahui di mana harus fokus.

Atau lebih tepatnya, apa yang harus difokuskan terlebih dahulu, dan kapan, dan sejauh mana. UI vs UX mungkin tampak seperti skenario 'ayam atau telur' - mana yang harus diperhatikan terlebih dahulu? Tapi ini lebih tentang mengerjakan desain dengan cara yang logis, tanpa melupakan permainan akhir setiap saat.

Desain UI Anda akan memengaruhi UX Anda. Jadi saat desainer sedang mengerjakan komponen antarmuka situs web, antarmuka pengguna memerlukan perhatian pertama mereka, tetapi saat mereka menyelesaikan komponen, desain perlu diperiksa untuk kegunaan, estetika, dan semua detail lain yang disebutkan sebelumnya.

Menjaga UI individu secara online akan berkontribusi pada pengalaman pengguna yang luar biasa secara keseluruhan. Ini bukan kasus "ayam atau telur" dan lebih banyak kasus "satu hal pada satu waktu."

Detail Pemesanan

UX vs. UI - Apa yang harus Anda Pilih?
UX vs. UI - Apa yang harus Anda Pilih?
Jumlah:
Sub-Total :

TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang