MqRaLGN7MGN4LWF6LWN5NqB9M7csynIkynwbzD1c

8 Format Video Terbaik Yang Sering Digunakan Para Editor

BLANTERLANDINGv101
6239365398578382647

8 Format Video Terbaik Yang Sering Digunakan Para Editor

2022-08-11
jasa intro video - Setiap video yang Anda lihat memiliki format file tertentu yang memungkinkannya dioptimalkan untuk perangkat atau saluran yang menampilkannya. Jadi, sebagai editor, jika Anda ingin video Anda tampil optimal, Anda perlu tahu tentang berbagai format file dan cara kerjanya. Misalnya, video yang dihosting di situs web akan memiliki format yang berbeda dari yang digunakan di media sosial. 

Jadi, untuk membantu mempermudah Anda, kami telah menyusun daftar format file video terbaik yang dapat Anda gunakan pada tahun 2022. Baik Anda mengedit video menggunakan InVideo atau editor lainnya, daftar lengkap ini akan membantu Anda memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Format Video Terbaik


Apa itu Format Video? 

Format video mengacu pada cara informasi video disimpan pada perangkat digital atau server. Format video terdiri dari dua komponen utama - Codec dan Containers. 

Codec adalah akronim yang digunakan untuk “ co mpressor/ dec ompressor”. Ini adalah perangkat lunak yang membantu Anda mengecilkan ukuran file video. Misalnya, jika Anda mencoba menyalin data atau video dari disk Blu-Ray ke sistem Anda, itu akan dengan mudah menghabiskan banyak ruang. Oleh karena itu, file-file ini dikompresi agar lebih mudah dikelola dan menghemat ruang. Selama pemutaran, file-file ini didekompresi dengan codec yang sama dan dikembalikan ke video asli berkualitas tinggi.

Codec 

Codec adalah bentuk pendek atau istilah gabungan yang terdiri dari kata-kata Co mpress dan Dec ompress. Seperti yang Anda duga, mereka digunakan untuk mengompresi dan mendekompresi data . Data ini dapat berkisar dari apa saja hingga kombinasi audio, video, gambar, metadata, dll. 

Karena data ini dapat memakan banyak ruang, Codec mengompresi data dengan menggabungkan piksel serupa, mengurangi resolusi, atau mengurangi jumlah warna dalam video. Kemudian, codec yang sama digunakan untuk mendekompresi data untuk dilihat, diputar, atau diedit.

Codec bisa menjadi lossy - yang berarti mereka memampatkan data Anda dengan menghapus atau menggabungkannya. Codec yang hilang dapat kehilangan kualitas video setelah setiap pengeditan. Di sisi lain, kompresi Lossless mengkodekan data Anda sedemikian rupa sehingga semua informasi dari file asli dipertahankan. Anda dapat membuat banyak penyesuaian pada file tanpa kehilangan kualitas, tetapi ini harus dibayar dengan ukuran file yang lebih besar. 

Container 

Container seperti kotak yang menyimpan semua elemen file yaitu audio, video, teks, dll. di satu tempat dan membuatnya tersedia untuk pemutaran yang disinkronkan. Setiap Container berbeda dalam hal elemen yang dapat mereka dukung selain dari audio dan video. Misalnya, beberapa Container dapat menyimpan metadata, subtitel, peringkat, dan informasi lainnya, sementara beberapa tidak. Anda dapat mengidentifikasi container berdasarkan ekstensi filenya. Misalnya, ekstensi file .mp4 berarti itu adalah format file Moving Picture Expert Group-4. Kami menjelaskan ini lebih mendalam lebih lanjut di artikel. 

Sementara Codec digunakan untuk menyandikan dan mendekode data untuk mengurangi ukuran file, sebuah Container adalah yang menyimpan semua data ini bersama-sama untuk pemutaran. Misalnya, Container MP4 berisi codec MPEG-4 dan H.264. MP4 adalah paket sedangkan MPEG-4 dan H.264 adalah codec yang didukung di dalamnya. Sebuah Container dapat menampung banyak codec di dalamnya. 

8 Format Video Terbaik Yang Sering Digunakan Para Editor

Sekarang setelah kita mengetahui apa itu format file video, mari kita lihat 8 format file video terbaik yang dapat Anda gunakan

1. MP4

MP4 adalah jenis format video paling umum yang tersedia saat ini. Ini populer karena merupakan format yang kompatibel secara universal. Diperkenalkan pada tahun 2001, itu dipopulerkan oleh Apple di iTunes Store. Format video ini mampu menyimpan teks, subtitle, file audiovisual, dan gambar diam secara bersamaan. 

Ini adalah format paling ideal untuk menyimpan dan streaming video online karena menyediakan video berkualitas tinggi tanpa membuat ukurannya terlalu besar. Sebagian besar aplikasi dan perangkat lunak pengeditan video modern, termasuk InVideo , diekspor dalam format MP4. Anda juga dapat membuka jenis file ini di sebagian besar pemutar media, termasuk Quick Media, iTunes, VLC Player , dan Windows Media Player .

Satu-satunya kekurangan menggunakan jenis format file ini adalah bahwa hal itu bisa sangat sulit untuk diedit karena akhirnya sering macet. Selain itu, Adobe Premiere Standar tidak menyimpan file dalam format MP4.

2. MOV

Dikembangkan oleh Apple untuk QuickTime Player, digunakan untuk menonton video dan menyimpan film di internet. Ini berisi berbagai konten video dan sangat mirip dengan format MP4 karena dapat menyimpan efek audio, teks , dan video. Karena kualitas format MOV tinggi, akhirnya menghabiskan lebih banyak ruang di perangkat Anda.

Kebanyakan DSLR seperti Nikon dan Canon menghasilkan video dalam wadah .mov. Ini juga dapat dimainkan di sebagian besar perangkat TV yang kompatibel dengan USB. Format ini cukup populer di industri media dan film karena menggunakan file wadah multimedia yang dapat dipisahkan menjadi berbagai trek. 

Beberapa kekurangan menggunakan format ini adalah karena secara khusus dikembangkan untuk pemutar QuickTime, mungkin tidak kompatibel dengan sebagian besar pemutar media. Selain itu, karena MOV mengompresi file ke ukuran yang ringkas, mungkin ada beberapa kehilangan data yang akan mempengaruhi kualitas secara keseluruhan. 

3. WMV 

Dikembangkan oleh Microsoft, WMV adalah salah satu format file video terbaik untuk pengarsipan dan didukung oleh semua perangkat dan perangkat lunak Windows. Anda dapat menggunakannya di Apple juga jika Anda mengunduh Windows Media Player. Ini bekerja sama baiknya pada DivX Player. 

Format ini banyak digunakan untuk menjual salinan digital konten video di internet karena fungsi lisensi dan perlindungan hak ciptanya. Ini juga mencakup dukungan video berkualitas tinggi 1080p. Karena ukurannya yang kecil, dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bahkan dapat memutar file ini melalui Google Drive. 

Beberapa kelemahan dari format file video ini adalah tidak mungkin untuk memilih proporsi kompresi secara manual dan kualitas gambar dapat berkurang selama dan setelah kompresi. Dalam beberapa kasus, tidak mungkin memulihkan informasi lisensi dan tidak banyak pemutar video yang menerima format WMV. 

4. AVI 

Dikembangkan oleh Microsoft , format file video AVI adalah salah satu yang tertua di luar sana. Alasan mengapa ini relevan bahkan hingga saat ini adalah karena dapat beradaptasi, serbaguna, dan kompatibel dengan berbagai format file dan beberapa browser web. AVI adalah salah satu format video terbaik yang dapat Anda gunakan untuk video pendek, teaser, dan promo karena menawarkan kualitas yang baik bahkan setelah kompresi.

Meskipun AVI bukan format video terbaik untuk streaming karena menggunakan kompresi yang lebih sedikit daripada format video lainnya dan memiliki ukuran file yang besar, AVI menjamin audio dan video berkualitas tinggi. Jenis format file video ini paling cocok untuk TV, meskipun cukup kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi yang mencakup semua perangkat Windows, Android, Xbox, konsol game PSP, MacOS X dan Linux. 

Kekurangan menggunakan format file jenis ini adalah tidak mendukung subtitle program, memiliki ukuran file yang besar, dan tidak banyak digunakan lagi.

5. FLV 

Format file video FLV atau format file Flash dirancang khusus untuk Adobe Flash Video Players. Ini serbaguna dan populer karena situs web seperti YouTube mendukung jenis format video ini. Ukuran file relatif kecil yang berarti pengguna dapat mengunduhnya dengan cepat.

FLV adalah format video terbaik untuk internet karena ukurannya yang kecil karena dapat dengan mudah dilihat atau diunduh di area tanpa koneksi berkecepatan tinggi untuk mengakses atau mengunggah video. Poin plus utama adalah mudah digunakan dan Anda dapat menambahkan beberapa efek menakjubkan ke video pilihan Anda.

Beberapa kelemahan utama format video Flash adalah tidak didukung atau kompatibel dengan perangkat iOS dan perayap penelusuran tidak mengenali jenis video ini. 

Untuk mengonversi file ke format FLV, Anda dapat menggunakan CloudConvert atau Movavi Video Converter . 

Jenis format file video ini paling baik digunakan untuk situs web Anda karena dapat membantu Anda menambahkan animasi dengan mulus. Anda juga dapat menggunakannya di platform video online seperti YouTube . 

6. MKV 

Dianggap sebagai salah satu format file video terbaik di luar sana, MKV atau Matroska adalah wadah universal gratis dengan kode sumber terbuka yang bekerja dengan mulus di semua sistem operasi. Ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan audio, video, metadata, menu, dan subtitle - semuanya dalam satu file.

Format file video MKV mendukung beberapa codec dan tidak memungkinkan hilangnya data selama kompresi - yang berarti memberikan kualitas yang sangat baik tetapi mungkin memakan lebih banyak ruang.

Beberapa kelemahan dari jenis format file ini adalah menggunakan proses kompresi yang rumit jika dibandingkan dengan format file video lainnya. Karena ini bukan standar aplikasi, tidak semua gadget dan pemutar media mendukungnya. Namun, jika Anda mendistribusikan file video Anda melalui VLC atau pemutar video yang mendukung MKV, kualitas dan keserbagunaan format ini menjadikannya pilihan yang ideal. 

7. AVCHD 

Didesain khusus untuk camcorder, format file video AVCHD lahir dari kolaborasi antara Panasonic dan Sony. Jenis format file ini menggunakan teknologi kompresi H.264/MPEG-4 yang menekan data video ke ukuran kecil. Ini berarti Anda dapat menyimpan berjam-jam video berkualitas tinggi menggunakan lebih sedikit ruang.

AVCHD memberi Anda audio dan video kualitas tertinggi yang juga menyertakan subtitle, navigasi menu, dan slideshow dengan musik. Ini mendukung video resolusi tinggi dan versi terbaru, AVCHD 2.0, juga mendukung video 3D.

Karena secara khusus dikembangkan untuk perekaman video dan merupakan format asli dari Panasonic dan Sony, kompatibilitas AVCHD dengan perangkat lain cukup terbatas. Meskipun, Anda dapat merekam pada peralatan asli, menyimpan video, dan memutar ulang menggunakan flash drive atau kartu SD. 

8. WEBM 

WEBM adalah format video sumber terbuka yang diperkenalkan oleh Google untuk HTML5. Teknologi yang mendasari format file video ini tersedia untuk umum. Ini memiliki ukuran file yang sangat kecil dan mendukung video berkualitas tinggi. Dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk memuat karena pemutaran video dilakukan langsung di browser menggunakan HTML5 tanpa pemutar flash. 

Jenis format file ini dapat dengan mudah mengompresi dan mendekompresi data video dan didukung oleh browser utama seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Microsoft Edge, dan Internet Explorer. Satu-satunya kelemahan menggunakan format file ini adalah membutuhkan HTML untuk memainkannya dan memiliki kompatibilitas yang lemah dengan perangkat seluler dan portabel lainnya. 

Format video terbaik untuk YouTube

Meskipun Anda dapat menggunakan beberapa format file untuk YouTube , Anda perlu memahami bahwa setiap format file diproses secara berbeda dan dapat memengaruhi pemutaran video Anda. 

Format yang berbeda juga memiliki ukuran file yang berbeda. Menggunakan format dengan ukuran file yang besar mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk diunggah, diproses, dan dilihat. YouTube sendiri merekomendasikan format file video MP4 dengan codec audio AAC-LC dan codec video H.264, dalam aspek rasio 16:9. Format file MP4 memungkinkan Anda menghasilkan video berkualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil. 

Jika Anda perlu memotong, memangkas, dan menambahkan teks atau efek ke video Anda, Anda dapat menggunakan Editor Video YouTube InVideo yang memungkinkan Anda mengedit dan membuat video yang menakjubkan dalam waktu kurang dari 10 menit. File langsung diekspor sebagai MP4 jika Anda ingin mengedit rekaman mentah.

Format video terbaik untuk Instagram 

Instagram menerima dan merekomendasikan dua format file - MP4 dan MOV dengan kompresi H.264, piksel persegi, kecepatan bingkai 30fps, dan audio AAC stereo. Rasio aspek akan berbeda tergantung pada jenis video yang Anda unggah yaitu 9:16 untuk gulungan dan cerita , dan 4:5 untuk kiriman umpan.

Idealnya, Anda ingin menggunakan format file MP4 karena file MOV berukuran lebih besar dan kompresi dapat menyebabkan hilangnya data yang dapat memengaruhi kualitas. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat menggunakan InVideo Instagram Video Editor yang memungkinkan Anda membuat video menakjubkan dalam waktu kurang dari 10 menit. Ada lebih dari 1000+ templat yang dapat Anda pilih dan file yang diedit diekspor dalam format file MP4.

Format video terbaik untuk Facebook 

Facebook mendukung banyak format video antara lain mp4, WMV, Flv, Mpeg, MOV, dan Mkv. Meskipun platform mungkin terbuka untuk menerima format video ini, platform ini merekomendasikan MP4 atau MOV. Seperti halnya YouTube dan Instagram, pilihan ideal di sini adalah MP4 karena ada sedikit kehilangan selama kompresi dan jenis file ini menawarkan kualitas yang lebih baik pada ukuran file yang lebih rendah.

Rasio aspek , ukuran, resolusi, dll. akan bergantung pada jenis video yang Anda unggah. Untuk menyesuaikan video Anda berdasarkan tujuan Anda - baik itu iklan , posting feed, cerita, atau gulungan, Anda dapat menggunakan InVideo Facebook Video Editor untuk menyempurnakan video Facebook Anda dalam waktu kurang dari 10 menit. File yang diedit kemudian diekspor dalam format file MP4 untuk hasil terbaik! 

Bagaimana memilih format file video terbaik untuk kebutuhan Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai format file yang paling cocok untuk platform yang berbeda, mari kita lanjutkan dan lihat faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih format file untuk video Anda:

1. Jenis proyek apa yang Anda buat?

Sifat proyek Anda adalah penentu terbesar dalam pilihan format file video Anda. Karena ini tidak hanya menentukan format yang Anda edit tetapi juga format yang Anda ambil. Misalnya, jika Anda membuat video media sosial, Anda dapat merekamnya di ponsel Anda dalam format MP4 atau MOV (iPhone) asli. Tetapi jika Anda membuat film dokumenter atau fitur, Anda harus memilih codec dan format saat pengambilan gambar tergantung pada jenis pengambilan gambar yang Anda butuhkan, kondisi pencahayaan, perawatan yang Anda rencanakan untuk diberikan pada film nanti, dan beberapa lainnya. faktor. 

Lihat panduan ini untuk mengetahui format mana yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek Anda, lalu pilih format yang sesuai.

2. Apa platform pilihan Anda?

Format video YouTube tidak akan sama dengan film dokumenter Netflix. Platform Anda menentukan format mana yang Anda ambil dan edit. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membaca panduan untuk format yang Anda rencanakan untuk membuat video. Kami telah membahas persyaratan untuk YouTube , Facebook , dan Instagram di artikel ini. 

3. Bagaimana Anda berencana untuk mengedit video

Jika video Anda memerlukan pengeditan berat, penyertaan grafik gerak, dan pembagian tanpa kehilangan, Anda harus memilih format yang memungkinkan Anda melakukan semua hal ini tanpa mengubah kualitas video atau audio Anda. Anda juga memerlukan format file berkualitas tinggi jika Anda berencana untuk mengonversi rekaman ke format lain.

Sebagian besar perangkat lunak pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro mendukung codec terbaru dan bahkan yang paling umum. Ini berarti Anda dapat mengedit video tanpa banyak kesulitan atau tanpa harus mengonversi ke format file lain.

4. Berapa lama video Anda?

Untuk waktu yang lebih lama, yang terbaik adalah memilih format yang mengompresi video Anda ke ukuran yang lebih kecil dengan sedikit kehilangan kualitas. Sebagian besar perangkat perekaman akan menggunakan format AVCHD. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda tidak membakar penyimpanan Anda saat merekam atau menyimpan data. Berdasarkan durasi video, perhatikan kemampuan penyimpanannya. Jika Anda akan menggunakan disk Blu-Ray untuk pengiriman, mereka dapat menampung sekitar. 2 jam video dengan kualitas terbaik. Jika video Anda berdurasi lebih dari 2 jam, Anda mungkin harus menurunkan kualitasnya dengan memilih bitrate yang lebih rendah.

5. Bagaimana Anda berencana untuk membagikan video Anda?

Jika Anda berbagi video untuk mendapatkan umpan balik dari klien atau bahkan dengan teman untuk bersantai, yang terbaik adalah tetap menggunakan format seperti MP4 karena dapat diputar di sebagian besar perangkat, sistem, dan perangkat lunak.

Tetapi jika Anda membagikan versi final video, formatnya akan bergantung pada output untuk apa. Misalnya, jika Anda ingin mengunggah video ke situs web Anda dan mendistribusikannya secara massal melalui halaman web, format WEBM adalah kasus penggunaan terbaik. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus memilih perangkat penyimpanan yang sesuai untuk mengakomodasi ukuran yang lebih besar jika berbagi video berkualitas lebih tinggi. 

Kesimpulan

Meskipun tidak ada "format file video terbaik" universal, Anda dapat memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda menggunakan informasi yang telah kami bagikan di atas. Memahami perbedaan antara setiap format dan tempat penerapannya dapat menghemat banyak waktu dan tenaga saat mengedit, mengekspor, dan mendistribusikan video Anda.

Detail Pemesanan

8 Format Video Terbaik Yang Sering Digunakan Para Editor
8 Format Video Terbaik Yang Sering Digunakan Para Editor
Jumlah:
Sub-Total :

TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang